Senin, 09 Februari 2009

Prosedur Pergantian Pemain

Pergantian pemain futsal bisa dilakukan kapan saja selama pertandingan futsal berlangsung dengan mengikuti peraturan kompetisi futsal resmi yang ditetapkan FIFA, konfederasi, atau asosiasi futsal.

Jumlah pemain cadangan maksimal tujuh orang, tetapi pergantian pemain selama pertandingan tidak dibatasi. Pemain yang telah digantikan bisa kembali ke lapangan untuk menggantikan rekan pemain lain. Pergantian ini bisa dilakukan kapan saja, baik saat bola dimain ataupun sebaliknya. Kiper boleh berganti posisi atau peran dengan pemain lain.


Dengan mengikuti persyaratan futsal pergantian pemain bisa dilakukan pada saat bola didalam atau luar permainan;

- Pemain yang akan meninggalkan lapangan harus melakukannya di daerah pergantian sendiri.

- Pemain yang akan memasuki lapangan harus melakukannya pada daerah pergantiannya sendiri, tetapi dilakukan setelah pemain yang diganti telah melewati batas lapangan.

- Pergantian pemain sangat tergantung pada kewenagan wasit, apakah dipanggil atau tidak.

- Pergantian dianggap sah ketika pemain pengganti telah masuk lapangan, dimana pada saat pemain tersebuttelah menjadi pemain aktif dan pemain yang digantikan telah keluar dan berhenti menjadi pemain aktif.

Pelanggaran dan Sanksi pada Futsal

Jika pemain cadangan masuk lapangan ketika rekannya yang akan diganti belum meninggalkan lapangan,...

- pertandingan akan dihentikan;

- Pemain yang diganti harus segara meninggalkan lapangan;

- Pemain pengganti diberi peringatan, dihukum dengan kartu kuning, dan diminta meninggalkan lapangan;

- Pertandingan akan dilanjutkan dengan tendangan bebas (tidak langsung) bagi tim lawam dengan menempatkan bola diposisi saat pergantian dihentikan.

catatan: Sanksi serupa diberlakukan kepada pemain pengganti atau yang digantikan jika masuk atau meninggalkan lapangan tidak diarea pergantian tim sendiri.

Ketetapan FUtsal

1. Pada awal pertandingan futsal, setiap tim harus tampil dengan lima pemain.

2. Jika saat pertandingan pemain diganjar kartu merah dan sebuah tim memiliki kkurang dari tiga pemain (termasuk kiper), pertandingan harus dihentikan.

3. Ofisial tim boleh memberikan intruksi taktik kepada para pemainnya selama pertandingan berlangsung. Namun, ofisial tim tidak boleh memengaruhi pemain dan wasit serta bersikap sopan.

Perlengkapan Pemain

Keselamatan

Seorang pemain tidak boleh menggunakan perlengkapan atau aksesoris apapun yang bisa membahayakan dirinya atau pemain lain.

Perlengkapan Dasar

Perlengkapan dasar yang harus dipenuhi:

- seragam atau kostum dengan nomor;

- celana pendek. Jika menggunakan stretch pants, warnanya harus sama dengan celana;

- kaus kaki;

- pelindung kaki (shinguards);

- sepatu yang sudah ditentukan harus terbuat dari kulit lunak atau sepatu gimnastik dengan sol karet atau bahan yang sejenisnya.
Penggunaan sepatu adalah wajib.

catatan: Kiper diizinkan untuk memakai clena panjang dengan corak warna yang membedakan dari pemain lain dan wasit. Untuk pertandingan internasional, nomornya juga harus tampak pada bagian depan kostum dalam ukuran yang lebih kecil. Pemain tidak boleh mengenakan kaus-dalam bertulis slogan atau iklan karena akan mendapat sanksi dari panitia pertandingan.

0 komentar:

Add to Google
Bookmark and Share

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP